Jumat, 21 Desember 2012

Melayani?


Sebenernya udah lama mau posting tentang ini, tapi belum kesampaian juga. Hahaha. Sekarang saatnya! Pumpung mau-maunya Natal

Melayani bukan suatu yang gampang dan bisa dilakukan semua orang. Melayani apa? Yang kumaksud disini melayani Tuhan. Lebih spesifik lagi, tentang Misdinar. Misdinar adalah putra-putri pelayan Altar yang tugasnya melayani dan membantu Romo saat berjalannya misa. Yang perlu diketahui dulu, seorang misdinar biasanya adalah anak-anak kelas 4 SD keatas yang sudah menerima komuni pertama. Faktor-faktor mereka menjadi misdinar ada beberapa macam seperti: keinginan sendiri, ingin melayani, disuruh orang tua, ingin menjadi romo, sampai ingin mejeng di depan juga bisa jadi salah satu motivasi. Seorang misdinar adalah anak-anak biasa, bukan anak-anak yang harus pintar, bukan anak-anak yang alim, bukan anak-anak yang bosan dirumah nggak ada kerjaan. Bukan berarti juga mereka nggak nakal dan nggak pernah mengumpat (bahasa surabaya-nya "meso"). Mereka hanya anak-anak biasa. Tapi satu yang menarik dari mereka adalah mau melayani. Nggak sedikit anak yang sudah terjun ke misdinar, ikut pelayanan, lalu keluar. Tapi tidak sedikit juga yang benar-benar setia, sebagai pelayan sejati :)
Mereka bukan anak-anak biasa. Kenapa?

1. Mereka rela bangun pagi-pagi, mandi (brrr) untuk melayani misa.
2. Setiap hari minggu, dimana anak-anak lain menonton doraemon, film kartun, dan sebagainya, mereka harus datang ke gereja dengan semangat latian (meskipun kadang ngantuk-ngantuk).
3. Mereka harus siap kapanpun saat mereka misa, untuk menggantikan misdinar yang nggak bisa datang.
4. Setiap mau misa besar, mencari sela-sela waktu setelah sekolah di sore hari untuk latihan dalam beberapa jam.

Kalau latian capek? Jelas. Dimarah-marahi? Jelas. Bosen? Jelas. Tapi mereka masih bertahan. Kenapa? Karena panggilan itu akan abadi dan melekat di hati. Secapek apapun, ya seneng-seneng aja, apalagi kalo ketemu sama temen-temen yang lain. Nggak sedikit juga orang tua yang bilang anaknya jadi berubah sejak masuk misdinar. Padahal yang tua-tua juga cuma ngajarin gimana melayani misa. Yah, mendidik juga sih sedikit-sedikit. Tapi mereka berubah pasti dari diri mereka sendiri, yang bisa lebih dewasa dengan jadi misdinar. :)


Wahhh... sebentar lagi Natal! Semangat melayani ya temen-temen misdinar! Jadilah pelayan yang selalu setiaaaa... :D


Hahaha, aku jadi kangen misdinar lagi :'), tapi sudah waktunya generasi baru, tugas kuliah juga padat. Fuhh~
Kalo umur ga nambah-nambah, pasti pingin trus :p





"meski jatuh, jalan terus.. :)"

from Adinda
for misdinar SS 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar